Suka Punk? Nih 5 Film Dokumenter yang Kudu Lu Tonton - Kepsir | Musik, seni, ulasan, video, galeri, blog dan lainnya.

Kalo kebanyakan film dokumenter punk berfokus ke masa lalu, Punk's Not Dead ini menelisik makna tersebut di era modern. Bercerita seputar band-band Warped Tour, grunge, dan noise di Amerika Serikat serta Inggris yang memulai ini semua.

Untuk beberapa orang, punk dan segala sesuatunya yang asli udah mati. Tapi bagi beberapa orang lainnya, punk cuma berevolusi, dan semangatnya masih sama.


2. Punk: Attitude (2005)


Film dokumenter yang menyoroti asal-usul punk kebanyakan cenderung berfokus ke pertengahan tahun 70-an, karena emang saat itulah genre ini benar-benar terbentuk. Tapi, kadang film-film tersebut lupa kalo punk mungkin enggak bakalan ada tanpa garage rock di tahun 60-an dan awal 70-an yang ngebuka jalan bagi The Ramones dan band-band serupa untuk ngelakuin gebrakan.


3. End of the Century: The Story of the Ramones (2003)


Dokumenter ini ngejabarin tentang band yang dianggap punya pengaruh terbesar dalam musik punk rock dibandingin sama yang lain.

Wawancara yang dihadirin dalam film ini bersifat provokatif, serta ngungkapin kepribadian dan konflik khas dari masing-masing anggota.

Ketegangan yang terlihat diatas panggung, ternyata juga terjadi di belakang panggung, semua diungkap dalam film ini.


4. The Filth and the Fury (2000)


The Filth and the Fury sukses jadi sebuah representasi lengkap tentang sejarah dari para anggota Sex Pistols.

Film ini nampilin wawancara sama band, rekaman live, arsip-arsip lama, dan informasi-informasi menarik lainnya.

Sutradara film ini, Julie Temple, juga pernah buat dokumenter lain berjudul The Great Rock ‘n’ Swindle. Tapi, dokumenter tersebut lebih fokus sama manajer Sex Pistols yaitu Malcolm McLaren.


5. The Decline of the Western Civilization (1981)


Enggak ada film punk yang lebih baik dari film ini.
Film ini yang ngegambarin suasana saat musik punk terbentuk. Film yang dipenuhin sama energi, kegembiraan, dan ekspresi jujur, dikulik secara total ke dalam dunia musik underground Los Angeles pada tahun 1979-1980.

Didalam film ini ditampilin juga band-band punk ikonik kayak X, Black Flag, The Circle Jerks, The Alice Bag Band, Fear, dan the Germs.


(*)Ricky N



Baca Juga:

ADS