Fakta Menarik Dunia Produser Musik - Kepsir | Musik, seni, ulasan, video, galeri, blog dan lainnya.



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

No

Home Layout Display

No

Posts Title Display

No

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Di balik kesuksesan sebuah lagu yang dibawain sama seorang musisi, terdapat produser yang berperan penting. Biasanya, produser punya empat tugas utama, Pertama pembuatan lagu, Kedua proses engineering, Keempat distribusi dan promosi. Produser itulah yang punya andil besar didalam proses produksi musik yang nantinya bisa didenger sama banyak orang.

Mungkin, pekerjaan produser musik masih diminatin sama segelintir orang aja. Biasanya yang tertarik adalah mereka yang paham sama musik atau emang musisi kawakan, yang udah lama malang melintang di dunia musik.

Terus, gimana sih kerjaan dalam memproduseri musik itu? Nah, berikut ini ada empat fakta unik di dunia produser musik.


The Amen Break.


Pada era ini, sebuah band soul-funk ngerilis single dalam bentuk vinyl yang mengandung sebuah lagu instrumental berjudul “Amen, Brother”. Di dalam lagu ini, ada sebuah drum solo empat bar yang merupakan sampel dan yang paling banyak digunain dalam sejarah. Nah, pada tahun 1980-an, ketika teknis produksi musik lagi melejit, sampel drum ini jadi jagoan banyak produser musik. Dikasih nama “Amen Break” karena sample ini tercatat udah dipake didalam 2,894 lagu dari tahun 1985 sampe sekarang.

12 Jam Lagu Per Menit.


Memproduksi musik emang bisa di mana dan kapan saja, bahkan semudah merekam lewat ponsel. Pada 2012 lalu, layanan audio streaming online Soundcloud lagi heboh-hebohnya. Bahkan, Soundcloud sempet dijulukin “Youtube of Audio”. Pada jumpa pers LeWeb Convention di Paris, nunjukin data statistik kalo setiap menit ada sekitar 10 jam total durasi musik yang udah diupload.

Studio sebagai instrumen.


Kalo lu tau sama band The Beach Boys, mereka itu pernah dijulukin “The most progressive pop album ever”. Bahkan Rolling Stone Magazine sempet ngasih album itu di posisi album nomor satu dalam urutan “500 Greatest Album of All Time”. Album ini dianggap sebagai contoh pertama di mana segi musikalitas di studio bisa ngehasilin karya di atas rekaman live performance dengan mengimplementasi teknik rekaman multi-track dan layering.

Revolusi Musical Instrument Digital Interface (MIDI).


Di tahun 1980an, MIDI memungkinkan adanya home recording yang  ngasih kesempatan musisi untuk memproduksi lagu tanpa harus ketergantungan sama produser dan studio musik yang layak. MIDI sendiri merupakan sebuah standar yang digunain sama berbagai alat musik untuk bertukar informasi dengan software musik.

Software musik yang lahir dari keberadaan MIDI salah satunya itu adalah "Ableton Live". Software ini ngemungkinin seseorang buat bisa nyiptain musik tanpa punya pengetahuan musik formal.



Sourece : (brl/red)


kepsir.com
Baca Juga:

ADS